Ini Yang Terjadi Setelah Tubuh Kita Digigit Lintah

Selain itu, pendekatan pembiayaan untuk nasabah mikro ini juga berbeda dibanding lainnya. Menurutnya, pendekatan untuk mereka ini lebih banyak dilakukan dengan diberikan pendampingan atau pelatihan. Karena merasa terus diteror oleh penagih, SM pun mengadu ke LBH Soloraya.

Kalau Anda berfikir secara logis, dan membandingkan dengan produk lainnya misalnya KTA, maka masih ada sederet persyaratan-persyaratan yang dibilang tidak mudah untuk dipenuhi. Pikir-pikir dulu apa yang mungkin bisa terjadi suatu saat nanti jika Anda mengambil produk rentenir ini. Produk perusahaan fintech diperkenankan menurut syariah dengan syarat memenuhi ketentuan dalam fatwa DSN MUI tentang fintech. Kesimpulan tersebut berdasarkan telaah terhadap produk perusahaan fintech, regulasi terkait, kaidah fikih muamalah, dan fatwa DSN MUI tentang fintech. “Hampir 90 persen modal usaha PKL yang dari rentenir karena paling mudah proses pinjamannya,” kata dia.

Khusus untuk pelaku usaha ultra mikro, Pegadaian juga memiliki fitur bernama Kreasi Ultra Mikro yang merupakan layanan kredit dengan uang pinjaman Rp 10 juta ke bawah sehingga cocok untuk pedagang kecil yang membutuhkan tambahan modal. Lintah Darat adalah orang atau badan yang membebani bunga pinjaman yang sangat tinggi kepada pihak peminjam uang. Pinjaman ini biasanya tidak diberikan lewat badan atau institusi resmi, tetapi orang-perorangan. Dia mengatakan, untuk memperluas jangkauan kredit bagi pelaku usaha mikro, OJK telah mengukuhkan Lembaga Keuangan Mikro .

PermalinkSaya rasa semua fintech pinjaman online gaya penagihannya memang seperti itu. Terlepas itu legal atau tidak, bahkan dalam kasus lain bisa lebih kasar. Bukan mewajarkan sih, debitur saja yang harus beradaptasi. Ditabung aja dulu uangnya yg memang untuk membayar lalu melakukan pembayaran semuanya.

Terakhir, dukungan datang dari Anggota Komisi VI DPR Mukhtaruddin. Menurut dia, agar UMKM bisa berlari kencang usai pandemi Covid-19 melandai, maka holding ultra mikro harus segera terbentuk pada tahun ini. “Rencana pembentukan Holding BUMN ultra mikro sangat baik dan tepat. Ini langkah konkret pemerintah yang akan memacu pertumbuhan populasi pengusaha baru terutama di daerah,” ucapnya. Inovasi digital yang dilakukan Pegadaian pun berbuah manis.