Waduh! Meski Sudah Diberantas, Lintah Darat Online Masih Terus Menjamur

Utang tersebut kata Gede akan digunakan oleh SM sebagai modal usaha. Tetapi, SM kesulitan untuk mengembalikan utang tersebut sehingga SM menunggak pembayaran. “Mulai dari Kabupaten Wonogiri, Kota Surakarta, Provinsi Sumut, NTT, Kabupaten Tabalong Kalsel, Malang, Lombok Timur dan lainnya dengan nilai penyaluran Rp 585,7 miliar mencakup 47,8 ribu debitur,” terang Wimboh. Selama ini, swafoto sambil memegang KTP merupakan salah satu metode verifikasi yang sering dilakukan ketika mendaftar layanan yang berhubungan dengan finansial. Semarang – Jika menerima pesan singkat lewat ponsel yang isinya menawarkan pinjaman, sebaiknya tidak perlu menanggapinya, apalagi mengikuti perintah untuk menghubungi via WhatsApp . “Tidak cukup hanya memblokir aplikasi pinjol, namun perlu investigasi lebih jauh untuk menangkap oknum pelakunya dan diseret ke meja hijau,” pungkas Agus.

Canggihnya lagi, dalam aplikasi tersebut tersedia simulasi pengajuan pinjaman, sehingga calon debitur bisa mengetahui nilai cicilan yang harus dibayar per bulan dengan tenor mulai dari 6 bulan hingga 48 bulan. Sebagai contoh, untuk pinjaman Rp 1 juta, cicilan untuk tenor 6 bulan sebesar Rp 179 ribu per bulan, atau dengan tenor 48 bulan dengan cicilan hanya Rp 36 ribu per bulan. Kemudian, pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 1 juta, pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal, serta bunga pinjaman yang relatif murah dengan angsuran tetap per bulan. Ya, pedagang sayur di pasar tradisional seperti Iyem memang mau tidak mau harus bergantung pada rentenir untuk meminjam uang agar bisa tetap berjualan, tentu dengan harapan meraup keuntungan. Lewat Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah , kredit atau pinjaman pun ditebar agar masyarakat tak terjebak oleh tawaran rentenir.

Hal ini tertuang dalam latar belakang perusahaan, yaitu guna mencegah ijon, rentenir, dan pinjaman tidak wajar lainnya melalui kredit dengan sistem gadai. Namun lain halnya jika lintah darat tersebut sudah melebihi batas dengan melakukan tindakan-tindakan kekerasan terhadap si peminjam. Jika sampai rentenir melakukan tindak kekerasan maka ada payung hukum yang bisa melindungi Anda, yaitu KUHP pasal 335 ayat 1 tentang perbuatan tak menyenangkan. Dalam pasal tersebut pelaku kekerasan bisa dikenakan sanksi penjara atau denda. Baik, langsung saja untuk menjawab kasus di atas, yang perlu Anda ketahui bahwa tidak ada payung hukum yang mengatur tentang praktik rentenir maupun suku bunga untuk perjanjian pinjam-meminjam.

Program tersebut untuk meningkatkan akses keuangan dengan proses cepat, mudah, dan berbiaya rendah kepada pelaku UMKM. Purwokerto, Gatra.com – Sektor perbankan dan lembaga keuangan diimbau lebih aktif membuka akses keuangan kepada sektor mikro. Hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi dampak negatif kreditur informal atau rentenir atawa lintah darat. Kepala Otoritas Jasa Keuangan Purwokerto, Sumarlan mengatakan, saat ini masih banyak pelaku usaha mikro yang terjerat rentenir dengan beban bunga yang mencekik. “Mulai April ini masyarakat yang memerlukan dana jangka pendek seperti pedagang pasar, ibu rumah tangga, maupun pelaku usaha ultra mikro lainnya dapat mengakses produk gadai dengan bunga harian. Tarifnya sangat murah, untuk pin jaman Rp 1 juta cukup membayar bunga Rp 900 per hari.

Dengan demikian, kredit yang bermasalah dapat ditekan seminimal mungkin. OJK terus mendorong perluasan akses keuangan dan akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat. Supaya bisa menekan tingkat kemiskinan dan mempersempit jurang ketimpangan. Peningkatan Illiterate finacial perlu dilakukan agar masyarakat dapat memanajemen keuangan dengan baik dan paham untuk memilih lembaga keuangan untuk memijam dana sehingga terhindar dari beban bunga rentenir. Gerakan Masyarakat Anti Lintah Darat bertujuan mengedukasi penduduk di agar tidak terjebak oleh rentenir dan menjadi masyarakat yang terdidik secara finansial. Metode dilakukan dengan cara menyuluh masyarakat mengenai tata cara manajemen keuangan keluarga dengan baik dan berbasiskan nilai-nilai syariah.